Panduan Utama Cara Membaca Diagram Chord Gitar | ChordNeto

Diagram atau bagan chord gitar penting untuk dimengerti karena memberikan Anda langkah cepat untuk pelajari chord baru. Sesudah Anda pelajari langkah membaca diagram chord gitar, Anda segera dapat mulai pelajari beberapa lagu berbasiskan kunci gitar yang tidak terhitung banyaknya.

Dalam tutorial ini, saya akan memperlihatkan ke Anda:

  • Lima point mengenai langkah membaca diagram kunci gitar
  • Strategi untuk membantu Anda pahami beberapa diagram chord yang aneh

Diakhir tutorial visual untuk diagram chord ini, Anda akan ketahui semuanya yang Anda butuhkan mengenai diagram chord.

Panduan Utama Cara Membaca Diagram Chord Gitar
Cara Membaca Diagram Chord Gitar


Langkah Membaca Diagram Kunci Gitar

Berikut lima poin khusus mengenai langkah membaca diagram kunci gitar:

  1. Garis vertikal mewakili senar gitar
  2. Garis horizontal mewakili fret dengan garis atas wakili mur gitar
  3. Beberapa titik hitam wakili tempat Anda menempatkan jari-jari Anda
  4. Beberapa angka memberitahu Anda jemari yang mana harus dipakai
  5. Tanda 'O' memberitahukan Anda untuk mainkan string dan 'X' memberitahukan Anda tidak untuk mainkan string
Saya akan mengulas masing-masing dari 5 poin di atas secara detail dengan beberapa diagram hingga Anda tahu persis apakah arti semuanya itu.

Ini adalah diagram chord C:
Silahkan kita mengulas lima poin untuk pahami bagaimana kita harus mainkan diagram chord semacam ini.

1. Garis Vertikal

Titik pertama ialah garis vertikal. Garis vertikal sebagai wakil senar pada gitar Anda.

Garis paling kiri sebagai wakil senar paling tebal pada gitar Anda (E rendah) dan garis paling kanan sebagai wakil senar tertipis pada gitar Anda (E tinggi).

Berikut diagram pemberian label string pada diagram chord kosong:

panduan membaca diagram chord gitar mudah

Jadi saat Anda membaca diagram kunci gitar, itu menunjukkan gitar Anda dari sudut pandang menyamping.

2. Garis Horisontal

Poin ke-2 yang harus dipahami yaitu garis horizontal. Garis horizontal sebagai wakil fret pada gitar Anda dengan garis paling atas sebagai wakil mur gitar.

Panduan cara membaca gambar chord gitar

Pada foto di atas, Anda dapat melihat bagaimana fret cocok dengan garis pada diagram kosong. Anda juga tahu bahwa garis vertikal mewakili enam senar, jadi foto di atas menunjukkan kepada Anda cara berpikir tentang diagram chord.

3. Titik Hitam

Poin ketiga yang harus diketahui adalah titik-titik hitam. Terkadang titik-titik ini diberi nomor dan terkadang tidak (dijelaskan nanti). Titik-titik hitam menunjukkan di mana Anda harus meletakkan jari-jari Anda di fretboard gitar.
belajar gitar dari nol

Titik pertama ada di fret pertama di senar kedua (B). Titik kedua ada di fret kedua pada senar keempat (D). Titik ketiga berada pada fret ketiga pada senar kelima (A).

Diagram di atas memberi tahu kita bahwa kita perlu menggunakan tiga jari untuk memainkan chord ini. Untuk mengetahui jari mana yang akan digunakan, kita melihat angka seperti yang ditunjukkan pada langkah berikutnya.

4. Angka

Poin keempat yang harus diketahui adalah angka. Angka-angka pada titik-titik hitam atau di bawah diagram chord memberi tahu kita jari mana yang digunakan untuk memainkan not.

Panduan Utama Cara Membaca Diagram Chord Gitar

Seperti yang Anda lihat dari diagram di atas, terkadang angka ditampilkan di titik hitam, terkadang di bawah diagram, dan terkadang tidak ditampilkan sama sekali. Jika diagram tidak menunjukkan angka apa pun, Anda perlu mencari tahu jari mana yang akan digunakan sendiri.

Inilah cara saya menghitung jari di tangan:

belajar memetik gitar untuk pemula

Setelah Anda menghafal cara menghitung jari Anda, Anda akan dapat mencocokkan jari mana yang akan digunakan untuk diagram apa pun. Jempol diberi nomor 'T', meskipun Anda tidak mungkin melihatnya digunakan di banyak chord.

Penting - Diagram Chord untuk Gitaris Tangan Kiri (kidal) 
Jika Anda kidal, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada diagram chord yang dibuat khusus untuk Anda.

Sebagai guru gitar dasar, saya telah mengajar banyak adik-adik tangan kidal selama bertahun-tahun. Meskipun dimungkinkan untuk membuat diagram chord yang lebih cocok untuk orang kidal (diagram akan dibalik), tapi saya tidak menyarankan untuk menggunakannya.

Alasan saya tidak menyarankan belajar membaca 'diagram chord kidal' adalah karena dalam kehidupan nyata, hampir tidak ada saya melihat orang menggunakan diagram chord untuk tangan kidal. Kapan pun Anda mencari chord untuk lagu, Anda akan melihat diagram chord standar yang digunakan.

Meskipun saya tahu mungkin terasa merepotkan untuk dipaksa mempelajari diagram yang ditulis untuk gitaris tangan kanan, saya sangat merekomendasikannya. Setelah Anda belajar membaca diagram chord ini, Anda akan dapat secara mental membaliknya di kepala Anda agar sesuai dengan gitar kidal Anda.

Belajar membaca diagram chord standar berarti Anda akan dapat menggunakan sumber online apa pun tanpa harus mencari versi kidal (sebagian besar waktu mereka tidak ada) 
Saat membaca panduan ini, berlatihlah secara mental membalik diagram dan foto di kepala Anda. Murid-murid saya dengan cepat mempelajari keterampilan ini dan tidak pernah terganggu olehnya lagi.

Anda dapat melihat dari foto di bawah ini bagaimana setiap jari cocok dengan titik-titik hitam pada diagram.

 

Jari pertama saya (telunjuk) ada di fret kedua di senar kedua. Itu cocok dengan titik '1' pada diagram. Jari kedua saya (tengah) berada di fret kedua pada senar keempat, cocok dengan titik '2'. Jari ketiga (cincin) saya berada di fret ketiga pada senar kelima, cocok dengan titik '3'. Saya tidak perlu menggunakan jari keempat saya karena tidak ada titik dengan '4' di atasnya.

5. Os dan Xs

Sekarang kita memiliki jari kanan di fret kanan. Poin kelima yang harus diketahui adalah senar mana yang harus dimainkan. Huruf 'O' dan 'X' yang Anda lihat di atas setiap garis vertikal memberi tahu kita apakah kita harus memainkan senar atau tidak.

Jika string tidak memiliki 'O' atau 'X' di atas string, periksa apakah ada titik pada string. Sebuah titik pada senar berarti Anda harus memainkan senar.

Jika ada 'O' di atas senar, itu berarti memainkan senar itu sebagai bagian dari chord. Jika ada 'X' di atas senar, itu berarti tidak memainkan senar itu.

chord gitar diagram

Dalam diagram chord di atas, ada dua 'O' dan satu 'X'. Ini berarti kita melewatkan (tanpa) memetik senar E rendah dan memainkan semua senar lainnya (tiga senar lainnya tanpa 'O' memiliki titik di atasnya).

Pada foto di bawah ini Anda dapat melihat bahwa saya memiliki pick saya yang siap untuk memetik lima senar dan melewatkan senar E (senar yang paling atas).

Panduan Utama Cara Membaca Diagram Chord Gitar
Beberapa diagram chord akan meminta Anda memetik semua senar dan beberapa mungkin hanya menggunakan lima atau empat senar. Selalu perhatikan berapa banyak senar yang harus kita petik atau Chord.

Contoh Diagram Chord Lainnya

Lihatlah diagram chord di bawah ini dan gunakan lima poin (di atas) untuk mengetahui cara memainkan chord.

Contoh Diagram Chord Lainnya

Dalam membaca diagram chord, ambil satu titik hitam pada satu waktu. Banyak gitaris senang mengawali dari senar E tinggi dan melakukan senar satu demi satu sampai mereka sampai senar E rendah. Anda kemungkinan menemukan jika Anda pelajari chord bisa lebih cepat saat Anda lakukan pendekatan string-by-string.

Berikut bagaimana Anda memainkan diagram chord di atas dengan nama chord:

chord gitar gambar yang mudah
Cara Membaca Diagram Chord Gitar

Telusuri tiap diagram chord kembali dan check posisi tangan Anda pada poto untuk menyaksikan apakah Anda sudah betul. Coba untuk memetik tiap chord dan yakinkan Anda memetik jumlah senar yang akurat.

Sedikit tips dari saya, kalau mau belajar gitar dengan iringan lagu, coba pilih lagu yang mudah dulu. Anda bisa lihat ada banyak list lagu yang sudah saya buatkan di blog ChordNeto ini.

Panduan Utama Cara Membaca Diagram Chord Gitar mungkin sampai di sini dulu, next saya akan buatkan artikel selanjutnya yaitu cara membaca diagram chord barre atau kunci gitar palang.

Next Post Previous Post